Dampak Polusi Udara terhadap kesehatan sangatlah buruk, dan bisa mematikan jika tidak dicegah dengan menggunakan metode-metode tertentu.

Pada tahun 2019 ini, Kota Jakarta dinobatkan oleh AQI ( Air Quality Index ) sebagai kota dengan polusi udara terburuk dengan nilai 157, dan bahkan , pada bulan Juni, nilai tersebut mencapai 210.

Mendengar hal tersebut, pemerintah mengambil sikap untuk membuat Artificial Rain atau Hujan Buatan, yang merupakan salah satu cara untuk mengatasi polusi udara di Jakarta.

Hujan buatan terbuat dari bahan kimia yang dapat membantu proses pembuatan awan, tetapi awan yang dibutuhkan merupakan awan Cumulus, agar bisa menimbulkan terjadinya Hujan.

Semenjak saat itu pun, masyarakat yang tinggal di Kota Jakarta pun menjadi lebih berhati-hati lagi pada saat ingin pergi keluar rumah mereka masing-masing, seperti menggunakan masker pada saat naik motor, bahkan pada saat berjalan kaki.

Dampak Polusi Udara
Gambar yang diambil dari gedung tinggi di Jakarta

Gambar dibawah ini, diambil oleh salah satu masyarakat yang bekerja di daerah BSD, Tangerang. Foto ini diambil dengan perbandingan pada tahun 2018 dan 2019

Dampak Polusi Udara
Bukan kabut, tetapi Polusi Udara!

Jika kamu tidak segera mencegah nya, maka kesehatan kamu juga yang menjadi taruhannya.

Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan

Dampak Polusi Udara
Batuk merupakan salah satu dampak polusi udara bagi kesehatan

Berikut akan saya jelaskan dampak polusi udara bagi kesehatan :

  1. Terjadinya gangguan kesehatan pernafasan, ada kemungkinan bisa menimbulkan Asma
  2. Menimbulkan penyakit batuk
  3. Mengganggu pandangan disaat bepergian
  4. Global Warming
  5. Menghambat proses pertumbuhan tanaman seperti pepohonan dan tumbuhan lainnya, yang bisa mengurangi kadar oksigen bersih

Bagaimana cara mencegah?

Nah, bagaimana untuk mencegah hal-hal tersebut? Apakah ada banyak cara yang bisa dilakukan? Ada! dan yang pasti, banyak sekali metode-metode yang bisa digunakan, contoh nya seperti :

Menggunakan masker penutup hidung serta mulut, untuk mencegah dan mengurangi masuknya udara kotor ke dalam area pernafasan

dampak polusi udara

Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Menambah tanaman atau pohon kecil, agar bisa menyaring udara kotor

Mengganti penggunaan bahan bakar dengan bahan yang lebih ramah lingkungan, contohnya biogas (kotoran hewan/tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar)

Jadi, daripada kamu harus terkena dampaknya, lebih baik kamu mencegah agar kesehatan kamu juga terjaga dari jahatnya polusi udara.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang ada di dalam blog ini!