Joker (2019) merupakan film berbasis buku komik (comic-book movies/CBM) dari DC Comics (Batman, Superman, Wonder Woman). Film ini mengkisahkan seorang komedian yang harus menjalani sulitnya kehidupan sampai akhirnya ia menjadi gila.

Kali ini, kita akan membahas film ini mulai dari sisi Plot, Cast, dan Review dari film ini.

WARNING, SEBELUM LANJUT LEBIH BAIK BACA SAMPAI KE KOLOM CAST SAJA, BECAUSE I WILL DROP SOME SPOILERS.

Plot

Arthur Fleck, merupakan seorang komedian gagal yang mengidap Pseudobulbar Effect, kondisi dimana seseorang akan “tertawa” dan “menangis” secara tidak terkontrol, dan juga mengidap Skizofrenia , dimana si pengidap akan mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir dan perubahan perilaku.

Selalu sendiri di tengah keramaian kota Gotham, Arthur “memakai” dua topeng, yang satu dia gunakan untuk menjalani pekerjaan nya sehari-hari , yang satu lagi untuk membuat dirinya menjadi bagian dari dunia nya.

Terisolasi, terintimidasi dan diabaikan oleh masyarakat, Fleck mulai perlahan menjadi gila dan merubah dirinya menjadi dalang kriminal terkenal yang bernama Joker.

Joker (2019)
Joker

Cast

Berikut merupakan aktor dan aktris yang bermain di film Joker (2019) :

Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck / Joker

Joker (2019)

Zazie Beetz sebagai Shopie Dumond

Robert De Niro sebagai Franklin Murray

Frances Conroy sebagai ibu dari Arthur Fleck

Intimidated, Isolated, but that doesn’t stop him

Di film ini, kita akan melihat bagaimana proses seseorang yang tadinya bersifat baik dan ingin membuat semua orang tertawa, tetapi ternyata malah ditindas, dikucilkan dan dianiaya hingga menjadi seorang “The Clown Prince of Gotham” seorang psikopat.

Film yang berlatar di tahun 80an di kota Gotham ini, kita akan melihat kota yang berada di titik kehancuran, seperti kesenjangan sosial yang kaya dan miskin, kekecawaan masyarakat terhadap pemerintah.

Joker (2019)

Wayne’s Family but NO BATMAN!

Kalau mendengar film Joker, pasti kita berpikir akan ada si The Dark Knight atau yang biasa disebut Batman. TIDAK ADA, why? Karena film ini merupakan film Standalone dengan cerita original versi sutradara Todd Phillips. Di film ini kita juga akan melihat interaksi antara Keluarga Wayne dengan Arthur Fleck.

Thomas Wayne (kanan) diperankan oleh Brett Cullen

Theories?

Setelah menonton film ini, saya punya beberapa “thoughts” terhadap film ini, dan salah satu nya teori yang beredar yang menurut saya sangat masuk akal.

Semua film ini hanyalah delusi dari Arthur

Kita sudah bisa melihat petunjuk nya (bagi yang sudah nonton) pada saat Arthur mengenakan seragam RSJ yang lagi “jedot-jedotin” kepalanya sendiri di pintu. Dan di bagian Ending, kita bisa melihat Arthur sedang berada di RSJ yang sama persisi dengan sebelumnya dengan background warna putih. Dan, yang lebih GILA nya lagi, pada scene ending tersebut, tidak ada bekas luka, memar atau cat rambut hijaunya. WHAT?!

Arthur Fleck anak dari Thomas Wayne

Di sepanjang film, kita diberi tahu bahwa Arthur merupakan anak dari Thomas, dan ketika Arthur bertemu dan bertanya langsung apakah benar ia merupakan anak dari orang yang sangat berpengaruh di Gotham, Thomas langsung menjawab kalau Arthur bukan anaknya, melainkan hanyalah seseorang yang di adopsi oleh ibunya. Tetapi, di penghujung film, kita akan melihat satu scene dimana Arthur sedang melihat foto ibunya saat masih muda, dan melihat tulisan “TW” di belakang foto ibu nya. Benar atau tidak nya, masih menjadi teori.

Joaquin’s Joker Vs. Heath’s Joker

Banyak sekali yang membandingkan performa Joaquin dan Heath, dan menurut saya, Heath masih menjadi the Best Joker, tetapi Joaquin berada di level yang sama dengan Heath. Kenapa? Mereka berdua mendalami dan menjiwai untuk menjadi peran ini, Heath yang sampai dikurung di ruangan selama 1 bulan, Joaquin yang kehilangan 11 Kg berat badan (23 pounds) hanya untuk menjadi Joker. Performa mereka yang sama-sama sadis dan realistis di film mereka masing-masing, membuat penonton terpukau dan takjub. Meski Heath sudah tiada, peran Joaquin sebagai Joker tentunya mengenang kembali peran Heath.

Joker (2019)
Heath Ledger sebagai Joker

Kesimpulan

Joker (2019) merupakan film berbasis buku komik (comic-book based) dengan cerita yang sadis dan realistis, dan juga Joaquin sebagai Joker menjadikannya setara dengan Heath Ledger.

Bagi yang belum nonton, disarankan kondisi kamu tidak sedang stress atau membawa anak-anak, karena film ini sangat tidak cocok untuk kedua faktor tersebut.

Cek Review film lainnya disini!